Sabtu, 27 Oktober 2012

Mananannya Otak

1. Protein 
Protein adalah rantai asam amino yang berfungsi sebagai blok pembangun untuk otak dan sistem saraf. Protein membantu dalam pemeliharaan dan perbaikan sel-sel otak dan pasokan energi untuk kewaspadaan. Protein juga membantu dalam produksi bahan kimia neurotransmiter yang memungkinkan komunikasi antar sel-sel otak, membantu sintesis informasi dan daya ingat. Makanan yang menjadi sumber protein misalnya tahu, kacang, daging ayam putih dan produk susu rendah lemak. Hindari lemak daging, seperti daging babi dan daging sapi, makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan kelelahan mental.
2. Makanan Kaya Vitamin B
Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin yang berbeda, yang membantu fungsi otak dengan baik. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar.
Kelompok vitamin B kompleks, seperti vitamin B-5 dan B-6, juga dapat menawarkan manfaat anti-stres untuk mengurangi stres dan kecemasan saat ujian.
Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah telur, bayam, kangkung, ikan, kedelai, walnut, kentang dan tomat.
3. Gandum Utuh
Gantum utuh, roti gandum, tortilla dan muffin mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Tubuh mengubah karbohidrat kompleks dalam makanan menjadi glukosa, kemudian tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan dan fungsi memori.
Hindari roti putih, pasta dan produk tepung putih. Meskipun tubuh juga mengubah karbohidrat dalam makanan tersebut menjadi glukosa, tapi tubuh melakukannya di tingkat yang lebih cepat. Hal ini menghasilkan energi 'meledak' dalam waktu singkat serta diikuti dengan kelelahan mental dan fisik, yang biasanya menyebabkan siswa mudah mengantuk di kelas.
4. Asam Lemak Esensial
Asam lemak esensial adalah lemak yang tidak bisa dihasilkan tubuh, sehingga Anda harus mendapatkannya dari sumber makanan dan suplemen. Lemak ini diperlukan untuk pengaturan impuls saraf yang mempengaruhi memori dan proses belajar.
Asam lemak esensial juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dengan membersihkan deposit lemak yang menumpuk sepanjang dinding sistem sirkulasi. Hal ini akan meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi otak, yang diperlukan untuk fungsi yang optimal.
Asam lemak esensial ditemukan pada ikan laut, seperti salmon, tuna dan ikan herring. Anda juga dapat memperoleh asam lemak esensial dari kenari, biji rami dan minyak zaitun
5. Salmon
Lemak ikan seperti ikan salmon adalah sumber dari omega-3 fatty acid DHA dan EPA yang sangat baik - keduanya penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak, kata Andrea Giancoli, MPH, RD, seorang ahli ilmu gizi Los Angeles dan juru bicara ADA. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan beberapa asam lemak dalam diet mereka memiliki pikiran yang tajam dan melakukan lebih baik di tes keterampilan mental. Sementara tuna juga merupakan sumber dari omega-3s, tetapi bukan sumber yang kaya seperti salmon. "Tuna sebenarnya adalah sumber protein yang baik, tetapi karena ia begitu kurus maka ia tidak begitu tinggi di omega-3 seperti salmon kalengan. Selain itu, Tuna albacore "putih" memiliki merkuri yang lebih ringan daripada tuna kalengan, sehingga EPA menasehatkan untuk tidak memakannya lebih dari 6 ounces tuna albacore (ikan berukuran besar) setiap minggu. 
Makan lebih banyak salmon : Daripada sandwich tuna, buatkan salad salmon untuk sandwich - salmon kalengan dicampur dengan mayo lemak rendah atau yogurt non-fat, kismis, seledri cincang, dan wortel (plus sedikit mustard Dijon jika anak anda menyukai rasanya ). Disuguhkan pada roti seluruh butiran - yang mana juga merupakan makanan otak. Gagasan sup : Tambahkan salmon kalengan ke sup brokoli – ditambah brokoli beku dicincang untuk tambahan gizi dan tekstur lunak. Simpan sup sebagai makanan yang mudah, dan secara umum rendah lemak dan kalori, kata Giancoli. Cari kemasan sup organik di bagian makanan kesehatan. Membuat salmon Patties - dengan 14 oz. salmon kalengan, potong-potong bayam yang dibekukan 1 lb (cairkan dan ditiriskan), 1 / 2 bawang merah (dicincang halus), 2 siung bawang putih (ditekan), 1 / 2 sendok teh garam, merica untuk rasa. Mengkombinasikan bahan. Campur dengan baik. Dibentuk menjadi bola kecil. Panaskan minyak zaitun dalam wajan, pipihkan bola bayam dengan sudip. Dimasak dengan api sedang. Disuguhkan diatas beras merah (cepat atau beku).
6. Telur
Telur dikenal sebagai sumber protein yang besar - tetapi kuning telur juga dikemas dengan choline, yang mana membantu perkembangan memori. Makan lebih banyak telur : Siapkan sarapan telur burrito untuk anak anda bawa kesekolah. Coba sarapan untuk makan malam satu kali dalam seminggu – telur scrambled dan roti. Membuat sendiri telur McMuffin di rumah: hanya menempatkan telur digoreng di atas sebuah roti English muffin, diatasnya diberi sepotong keju rendah lemak.
7. Selai Kacang
"Kacang dan selai kacang adalah sumber vitamin E yang baik, sebuah anti oksidan yang kuat untuk melindungi selaput saraf - plus thiamin untuk membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa untuk energi," kata Giancoli. Makan lebih banyak selai kacang : Untuk mengganti favorit lama, membuat selai kacang dan pisang sandwich. Potongan apel dengan selai kacang. Atau, top off salad favorit anda dengan sedikit kacang.
8. Biji-bijian
Otak memerlukan pasokan glukosa yang konstan - dan seluruh butiran menyediakannya dengan melimpah. Serat membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh, Giancoli menjelaskan. "Seluruh bijian juga mengandung vitamin-B, yang berguna untuk memelihara sistem saraf yang sehat."Makan lebih banyak seluruh bijian: Sangat mudah untuk mencari sereal seluruh biji-bijian sekarang ini (memastikan keseluruhan bijian adalah bahan yang terdaftar). Tetapi juga berpikir di luar dari kotak - dan coba couscous seluruh gandum untuk makan malam dengan cranberries, atau popcorn rendah lemak yang menyenangkan sebagai makanan ringan, dia menyarankan. Roti seluruh gandum adalah suatu keharusan untuk sandwich. Beralih ke tortillas seluruh bijian dan keripik untuk quesadillas, wraps, dan makanan ringan.
9. Oats / Oatmeal
Oats adalah salah satu sereal panas yang paling dikenal anak-anak dan sangat bergizi "gandum untuk otak," ujar Sarah Krieger, MPH, RD, LD / N, St Petersburg, Fla. konsultan dan jurubicara wanita ADA. "Oats menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang anak-anak perlukan pertama di pagi hari." Sarat dengan serat, Oats tetap menjaga agar otak anak-anak mendapat makanan dipagi hari di sekolah. Oats juga baik sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng - yang membuat tubuh dan fungsi otak pada kapasitas penuh. 
Makan lebih banyak Oats : Makanan top havermut panas yang cukup sempurna – saus apel dan kayu manis, buah-buahan kering dan susu kedelai, irisan almonds dan sedikit madu, pisang segar dan sedikit pala dengan susu skim, Krieger menyarankan: Memasak? Masukkan segenggam Oats kering sampai menjadi lembut untuk membuatnya tebal - atau menjadi pancake, muffin, kue wafel atau granola bar recipe. Berikut ini adalah makanan ringan sederhana untuk anak-anak: 1 cankir selai kacang, ½ cangkir madu, 1 cangkir Oats kering, ½ cangkir susu bubuk kering. Campur sampai merata dengan tangan anda - kemudian letakkan sendok makan diantara 2 irisan apel atau pir untuk kesenangan dan sandwich yang berbeda!
10. Berries 

Strawberries, cherries, blueberries, blackberries. "Secara umum, semakin menarik warnanya, semakin banyak nutrisi di berries," kata Krieger. Berries meningkatkan antioksidan yang tinggi, khususnya vitamin C, yang dapat membantu mencegah kanker. Penelitian telah menunjukkan perbaikan memori dengan ekstrak dari blueberries dan strawberries. "Tetapi makan sesuatu yang nyata akan mendapatkan paket nutrisi yang lebih," ujar Krieger. "Benih dari berries juga baik sebagai sumber lemak omega-3 .." Makan lebih banyak berries : Tambahkan berries ke sayuran yang dapat meningkatkan cita rasa - seperti mengiris cherriesmanis dengan brokoli atau strawberries dengan kacang hijau. Tuangkan berries kedalam salad hijau. Tambahkan cacahan berries kebotol salsa untuk mendapatkan cita rasa mengejutkan. Gagasan berry lainnya: Tambahkan berries ke yogurt, sereal panas atau dingin, atau saus makanan. Untuk dessert yang ringan, tempatkan berries dengan whipped topping non-lemak, saran dari Krieger.
11. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah khusus karena mereka memiliki energi dari protein dan kompleks carbs - dan serat - plus banyak vitamin dan mineral, Krieger mengatakan. "Ini adalah makanan otak yang sangat baik karena mereka tetap menjaga energi dan tingkat pikiran anak-anak di puncak sepanjang sore jika mereka menikmati makan siang mereka." Ginjal dan kacang berisi pinto mengandung lebih omega 3 fatty acids daripada kacang lainnya - khususnya ALA, omega-3 penting lainnya untuk perkembangan dan fungsi otak, ujar Krieger. Makan lebih banyak kacang-kacangan : kacang Sprinkle diseluruh salad diatas salsa. Sayuran kacang dihaluskan dan disebar diatas tortilla. Dihaluskan atau mengisi kantung pita dengan kacang-kacangan – dan tambah dengan parutan lettuce dan keju rendah lemak. Tambahkan kacang-kacangan ke spageti dan saus salsa. Bayi suka kacang yang dihaluskan dengan saus apel!
12. Sayuran Berwarna
Tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam - sayur-sayuran yang kaya, warna gelap adalah sumber terbaik antioksidan untuk menjaga sel otak tetap kuat dan sehat, ujar Thayer. Makan lebih banyak sayuran : Coba kentang goreng manis: Potong kotak-kotak atau stick. Semprot mereka dengan minyak makan sayur dan kemudian membakar mereka dalam oven (400 derajat, 20 menit atau sampai mereka mulai coklat). Membuat pumpkin muffins: Campur 1 15-ounce kaleng labu dengan satu kotak kue favorit anda atau campuran muffin. Aduk kedua bahan bersama-sama dan ikuti petunjuk. Wortel muda dan tomat kecil disusun baik ke dalam tas makan siang. Anak-anak menyukai salad bayam dengan banyak bahan didalamnya - seperti strawberries, jeruk mandarin, irisan almonds. Trik lain: menyelinapkan segala jenis potongan veggies ke dalam saus spaghetti, soups, dan stews.
13. Susu & Yogurt
Makanan produk susu yang dikemas dengan protein dan vitamin-B - penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitters, dan enzim. "Susu dan yogurt juga menyediakan campuran protein dan karbohidrat yang lebih besar dengan baik – yang menyediakan sumber energi bagi otak," ujar Thayer. Baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari dosis yang dianjurkan - sebuah vitamin yang menguntungkan sistim neuromuscular dan keseluruhan siklus kehidupan sel manusia. Makan lebih banyak produk susu : sereal dalam susu rendah lemak - dan kalsium dan vitamin D-yang dibentengi jus - adalah cara mudah untuk mendapatkan gizi yang penting ini. Cheese sticks adalah makanan ringan yang hebat.Yogurt parfaits rendah lemak juga menyenangkan. Dalam gelas tinggi, lapisan yogurt dengan berries (segar, dibekukan, atau dikeringkan) dan kacang cincang (walnuts atau almonds), Thayer menyarankan.
14. Daging Sapi Free Fat !
Zat besi merupakan mineral penting yang membantu anak-anak tetap bertenaga dan berkonsentrasi di sekolah. Bersandar pada daging sapi merupakan salah satu sumber zat besi terbaik. Dalam kenyataannya, hanya 1 ounce sehari telah ditunjukkan untuk membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung zat seng, yang membantu memori. Untuk Vegetarians, pilihan non-daging adalah burger kacang hitam dan kacang kedelai yang kaya akan zat besi. Kacang-kacangan merupakan sumber penting dari zat besi nonheme - jenis besi yang memerlukan vitamin C untuk dapat diserap. Makan tomat, red bell pepper, air jeruk, strawberries, dan lainnya "Cs" dengan kacang-kacangan untuk mendapatkan zat besi paling banyak.Untuk burger kurang-sumber zat besi - coba bayam. Dikemas dengan zat besi nonheme, juga. Makan lebih banyak zat besi : Untuk makan malam, kebab panggang dengan daging sapi dan segumpal sayuran. Atau goreng sedikit daging sapi dengan 'sayuran favorit ‘ anak-anak. Panggang burger kacang hitam atau kacang kedelai, kemudian ditutup dengan salsa atau irisan tomat. Atau, diselipkan dibawah salad bayam (dengan jeruk mandarin dan strawberries untuk vitamin C)

12 komentar:

  1. thank you so much

    BalasHapus
  2. ada tambahan referensi lain lagi gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf yaa masih belum ada , tapi mungkin di google ada referensinyee

      Hapus
  3. makasih yee sarannyaaaa :*

    BalasHapus
  4. artikelnya bantu banget :D

    BalasHapus
  5. gimana cara nata tulisannya ya min ? baleeeeeeeeeeees :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sih pake toolbar yang ada di atasnya tempat buat nulis entri

      Hapus
  6. lelet banjeeeeeeeet seh ! ><

    BalasHapus
  7. yang udah bilang makasih sama bilang artikelnya baik , makasih yaa pake banget :)

    BalasHapus